Laporan Studi Lapangan

Laporan Perjalanan Kuliah Lapangan di Bali

Kuliah Kerja Lapangan
oleh: Brigita Lahutung

PENDAHULUAN
Dalam rangka menyempurnakan seluruh materi yang di dapat dalam mata kuliah Manajemen Operasional, maka para mahasiswa perlu juga mempelajari bagaimana pengaplikasian Manajemen Operasional dalam usaha apapun. Oleh sebab itu dilaksanakan program KKL untuk mahasiswa semester V Manajemen dibawah bimbingan tim dosen mata kuliah Manajemen Operasional.
Lokasi KKL Manajemen Operasional kali ini ditetapkan di Pulau Bali berdasarkan perundingan bersama antara dosen dan mahasiswa. Pulau Bali telah menjadi destinasi wisata dunia sehingga banyak usaha-usaha yang berkembang di sana dan pada umumnya telah sukses di bidangnya. Inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa tujuan KKL berlokasi di Bali.
Banyak persiapan yang dilakukan sebelum hari keberangkatan. Telah dibentuk panitia kecil untuk menyelesaikan beberapa hal, mulai dari penggalangan dana hingga penyelesaian urusan administrasi untuk keberangkatan. Semuanya dilakukan secara mandiri maupun berkelompok.
Kegiatan KKL dilaksanakan pada tanggal 26-29 November 2010. Dalam pembahsan berikut akan dijelaskan mengenai kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh kelompok selama KKL di Bali beserta penjelasan singkat mengenai tempat-tempat yang dikunjungi.
Namun sebelum itu, berikut akan diberikan penjabaran singkat mengenai tujuan KKL kali ini yaitu Pulau Bali.
Bali sebagai surga wisata tropis yang lengkap dengan pegunungan, lembah, Ngarai, tanah pertanian, pantai, bahkan sampai panorama yang cantik di dasar laut, Bali juga menawarkan banyak hal lain yang tidak kalah menarik. Bangunan pura, adat-istiadat serta kebiasaan masyarakat Bali yang kental dengan budayanya.
Selain itu, Bali juga dikenal dengan pulau sejuta pura, ini karena sangat mudah menemukan pura. Dalam hubungannya dengan pariwisata , pura-pura ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan, baik asing maupun domestic. Tidak jarang mereka takjub menyaksikan budaya dan tata cara persembahyangan umat Hindu di Bali.
Sejarah Singkat Pulau Bali
Penghuni pertama pulau bali pertama diperkirakan datang kepada 3000-2500 SM yang bermigrasi dari ASIA. Peningglan peralatan Batu di asa tersebut ditemukan didesa Cekik yang terletak dibagian barat pulau. Zaman pra sejarah kemudian berakhir dengan datangnya orang-orang hindu dari India pada 1000 SM. Kebudayaan Bali kemudian mendapat pengaruh kuat kebudayaan India yang prosesnya semakin cepat setelah abad ke-1 masehi. Nama Balidwipa (pulau Bali) mulai ditemukan diberbagai prasasti, diantaranya prasasti Blanjong yang dikeluarkan oleh Sri Kesari Warmadewa pada 913 M dan menyebutkan kata Walidwipa diperkirakan sekitar masa inilah sistem irigasi Subag untuk penanaman Bali mulai dikembangkan.
Bali merupakan salah satu nama propinsi di indonesia, dan juga merupakan nama pulau terbesar yang menjadi bagian dari propinsi tersebut. Selain itu Bali dikenal sebagai pulau Dewata (Island God/ Island Paradise) yang merupakan salah satu tempat wisata terbaik di Indonesia bahkan dunia. Kuta, Sanur, Nusa Dua, Bedugul, Ubud, Sukawati, Lovina, dan lain-lain. Pulau Bali sendiri selain terkenal dengan keindahan objek wisatanya, Wilayah propinsi ini juga terdiri dari pulau-pulau yang lebih kecil dari sekitarnya yaitu pulau nusa penida, pulau nusa lombongan, pulau nusa ceningan, dan pulau serangan.
Bali terletak diantara pulau jawa, dan pulau Lombok. Ibukota propinsinya adalah Denpasar, yang terletak di bagian selatan pulau ini. Mayoritas penduduk bali pemeluk agama hindu di dunia, Bali terkenal sebagai tujuan pariwisata dengan keunikan berbagai hasil seni budaya khususnya bagi para wisatawan Jepang dan Australia. Bali juga di kenal dengan sebutan pulau Dewata dan pulau Seribu Pura.
Keadaan Penduduk Pulau Bali
Penduduk Bali kira-kira sejumlah 4 Juta jiwa, dengan mayoritas 92,03 % menganut agama Hindu. Agama lainnya adalah Islam, Protestan, Katolik, dan Budha. Selain dai sector Pariwisata, penduduk Bali juga hidup dari pertanian, dan perikanan. Sebagian juga memilih menjadi seniman. Bahasa yang digunakan di Bali adalah Bahasa Indonesia, Bali, dan Inggris khususnya yang bekerja di sector pariwisata.
Bahasa Bali dan Bahasa Indonesia adalah bahasa yang paling luas pemakaiannya di Bali, dan sebagaiman penduduk Indonesia lainnya, sebagian besar masyarakat di Bali, adalah Bilingual atau bahkan Trilingual. Meskipun terdapat bahasa dialeg dalam bahasa Bali, umumnya masyarakat Bali menggunakan sebentuk bahasa Bali pergaulan sebagai pilihan dalam berkomunikasi. Secara tradisi, penggunaan berbagai dialeg bahasa Bali ditentukan berdasarkan sistem catur warna dalam agama hindu darma; meskipun pelaksanaan tradisi tersebut cenderung berkurang.
Bahasa Inggris adalah bahasa ke-3 (dan bahasa asing utama) bagi banyak masyarakat Bali yang dipengaruhi oleh kebutuhan yang besar dari industry Pariwisata.
(Brigita Lahutung, 07301541, Manajemen Keuangan)

PEMBAHASAN
Berikut adalah Laporan Kegiatan Kelompok selama KKL yang berlangsung selama 4 hari 3 malam di Pulau Bali.
Seluruh mahasiswa berkumpul bersama di Bandara Sam Ratulangi Manado pada hari keberangkatan, yaitu 26 November 2010, dan take-off pada pukul 06.30 WITA dan tiba di Bandara Internasional Ngurah Rai Bali pada pukul 10.30 setelah transit dari Bandara Hassanudin Makassar. Para mahasiswa menginap di Hotel Flora Kuta, Bali.
Hari I
Kegiatan pada hari pertama tersebut dilaksanakan di 3(tiga) tempat berbeda, yaitu Garuda Wisnu Kencana Cultural Park, Pura Uluwatu serta Pantai Dreamland. Berikut penjelasan dari beberapa lokasi kegiatan:
 GWK ( Garuda Wisnu Kencana )
GARUDA WISNU KENCANA CULTURAL PARK, yang disingkat GWK, adalah sebuah taman wisata di bagian selatan pulau bali. Taman wisata ini terletak di Tanjung Nusa Dua Kabupaten Badung, kira-kira 40 km sebelah selatan Denpasar, ibukota Propinsi Bali. Di Area taman budaya ini, didirikan sebuah LandMark atau Mascot Bali, yakni patung berukuran raksasa dewa Wisnu yang sedang menunggangi tunggangannya Garuda, setinggi 12 M.
Area taman budaya GWK berada di ketinggian 146 M di atas permukaan tanah atau 263 M diatas permukaan Laut.
Patung Garuda Wisnu Kencana berlokasi di bukit unggasan sampai Jimbaran, Bali. Patung ini merupakan karya pematung terkenal Bali. Monument ini di kembangkan sebagai taman budaya dan menjadi ikon bagi para pariwisata Bali dan Indonesia. Patung tersebut berwujud dewa wisnu yang dalam agama hindu adalah Dewa pemelihara ( sthiti ) mengendarai burung Garuda. Tokoh Garuda dapat dilihat dikisah Garuda dan Kerajaannya yang berkisah mengenai rasa bakti dan pengorbanan burung Garuda untuk menyelematkan Ibunya dari perbudakan yang akhirnya dilindungi oleh dewa Wisnu.
 Pura Uluwatu
Uluwatu yang terletang di ujung selatan menampilkan keindahan pulau Uluwatu yang berdiri kokoh di ujung tebing menghadap ke samudera Hindia. Pura ini sangat suci di mata masyarakat Bali sehingga ada beberapa peraturan yang ditetapkan untuk masuk dalam pura ini, salah satunya adalah bagi para pengunjung wanita tidak diperkenankan masuk apabila sedang berada dalam masa menstruasi. Di area pura juga berkeliaran monyt-monyet sehingga para pengunjung diharapkan untuk lebih berhati-hati.
 Pantai Dreamland
Pantai Dreamland terletak dikawasan Ungasan, Pecatu yang terkenal akan pantainya yang indah dan ombaknya yang menantang. Bagi penggila olahraga surfing tempat ini merupakan favorit. Privasi sangat diperhatikan di area pantai ini sehingga para pengunjung dilarang menggunakan Handycam, camcorder atau yang sejenisnya.
HARI II
Kegiatan hari kedua dilakukan dari pukul 08.00-20.00 WITA dan dilaksanakan pada lokasi-lokasi berikut: Krisna Gift Shop, Pusat Usaha Baju Jogger, Alas Kedaton dan Tanah Lot.
 Krisna Gift Shop
Merupakan pusat pembelanjaan oleh-oleh khas Bali yang terletak di kawasan Kuta.

 Pabrik Jogger
Merupakan pusat pabrik kerajinan T-Shirt yang terkenal dengan kata-kata lucunya. Tempat ini menjadi unik karena kreatifitas dari pemilik yang menyertakan kata-kata unik dan lucu dalam setiap produknya. Usaha Jogger ini tidak memiliki cabang dimanapun.
 Alas Kedaton

 Tanah Lot
Tanah lot merupakan sebuah objek wisata di Bali, Indonesia. Di sini ada dua Pura yang terletak di atas batu besar. Satu terletak di atas Bongkahan batu, dan satunya terletak diatas tebing mirip dengan pura Uluwatu. Pura tanah lot ini merupakan bagian dari pura sad khayangan, yaitu pura-pura merupakan sendi-sendi pulau Bali. Pura tanah lot merupakan pura laut tempat pemujaan dewa-dewa penjaga laut.

HARI III
Tanjung Benoa, Pengrajin Perak dan Pasar Seni Sukawati merupakan tujuan kegitan pada hari ketiga. Kegiatan berlangsung dari pukul 09.00-19.00 WITA.
 Tanjung Benoa
Nusa Dua adalah sebuah tanjung yang terletak di selatan pulau Bali. Jaraknya >+ 40 km dari kota Denpasar. Kawasan wisata nusa dua terkenal akan BTDC( BALI TOURISM DEVELOPMENT CENTER ) dan Tanjung Benoa terkenal sebagai Olahraga air di Bali.
 Pengrajin Perak
Lokasi pabrik pengrajin perak terletak tidak jauh dari Pasar Seni Sukawati. Omzet dari para pengrajin ini lumayan besar namun menurut penuturan dari pengrajin, penjualan mengalami penurunan. Banyak ragam yang dihasilkan dari perak ini, ada yang berupa pernak-pernik seperti aksesoris, gantungan hingga pajangan.

 Pasar Seni Sukawati
Dari dulu hingga sekarang, pasar seni sukawati telah menjadi pilihan favorit tempat belanja bagi wisatawan yang sedang liburan di pulau Bali. Di pasar ini ditawarkan berbagai berbagai ragam kerajinan dan seni, dari aneka garment hingga pernak-pernik sebagai oleh-oleh khas Bali.
HARI IV
Hari ini merupakan hari terakhir semua kegiatan KKL di Bali dan semua mahasiswa harus berkumpul kembali di Bandara Ngurah Rai sebelum pukul 17.00 untuk check-in. oleh sebab itu pada hari terakhir ini kegiatan hanya berpusat di Kantor Dinas Pariwisata Bali dan kegitan di mulai pukul 10.00 agar para mahasiswa memiliki banyak waktu untuk berkemas.
 Dinas Pariwisata
Dinas Pariwisata Pemerintah Bali terletak di Denpasar, Bali. Menurut informasi yang di dapat dari ketua Tourism Board I Gusti Ngurah Wijaya, saat ini kondisi Bali sudah semakin baik, baik dalam infrastrukturnya maupun perekonomiannya. Beda halnya di februari tahun 2010 lalu yang Bali terancam karena infrastrukturnya yang tidak lagi mencukupi dibandingkan dengan jumlah turis maupun pertumbuhan kependudukan.
Hal ini mendesak pemerintah dan kalangan swasta untuk segera memikirkan langah-langkah yang harus dilakukan minimal 10 tahun mendatang sehingga Industri pariwisata dapat meningkatkan kualitasnya. Kelemahan Lainnya Adalah Kebijakan Numpang-Tindih dalam pegelolaan pariwisata. Bali mengalami sejumlah dilemma akibat pertumbuhannya, selain infastruktur dia melihat pengelolaan objek wisata dan berbagai daya tarik lainnya masih kurang terpadu. Orientasi pemerintah dan masyarakat masih pada menghasilkan uang sebanyak-banyaknya dari turis.
Pertumbuhan ekonomi yang dihasilkan pariwisata amatlah besar, apalagi jika kita melihat rate harga bernilai dollar untuk membayar ongkos berwisata di Bali kecenderungan materialistis dalam menjalankan pariwisata. Pertumbuhan ekonomi yang dihasilkan pariwisata amatlah besar, dan ini tak lepas dari campur tangan para wisatawan yang berkunjung Bali. Begitu pula dengan sector usaha lainnya.
(Brigita Lahutung, 07301541, Manajemen Keuangan)

PENUTUP

Kesimpulan
Dengan kegiatan KKL ini kami, para mahasiswa memperoleh beberapa manfaat. Di mulai dengan mengenal beberapa jenis usaha yang bertaraf internasional dengan pengaturan operasionalnya hingga dengan usaha-usaha sederhana namun banyak menarik konsumen karena keunikan produk dan manajemennya. Hal ini sedikit demi sedikit dapat memperjelas pemahaman kami tentang bagaimana sebenarnya Manajemen operasional yang baik untuk kesuksesan suatu usaha. Tidak dapat dipungkiri juga bahwa melalui kegiatan ini, kebersamaan kami selaku mahasiswa semester V, kelompok C/Manajemen lebih terasa dekat.
Mudah-mudahan kegiatan KKL seperti ini dapat dilaksanakan kembali, tentunya dengan lokasi berbeda dengan jenis usaha lainnya agar para mahasiswa lebih memperkaya ilmu dengan melakukan survey usaha yang berbeda-beda sehingga suatu saat nanti dapat dijadikan bekal dalam membuka usaha pribadi.

(Brigita Lahutung, 07301541, Manajemen Keuangan)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s