Laporan Studi Lapangan

Perusahaan Leasing

Laporan Survey
Brigita Lahutung

PENDAHULUAN
Dalam rangka memenuhi Tugas Akhir Semester untuk mata kuliah Manajemen Keuangan Lanjutan, maka kami telah melakukan survey terhadap beberapa perusahaan leasing atau perusahaan sewa guna yang berada di Manado dan sekitarnya.
Sebelum masuk pada pembahasan yang berisi laporan perjalanan dan laporan kegiatan atas hasil survey yang telah kami lakukan, maka sebelumnya kami akan memberikan pengantar singkat mengenai perusahaan leasing.
Pengertian dan Mekanisme Leasing
Kata Leasing berasal dari kata Lease (bahasa inggris) yang berarti menyewakan. Oleh sebab itu yang dimaksudkan dengan leasing adalah setiap kegiatan pembiayaan perusahaan dalam bentuk penyediaan atau menyewakan barang-barang modal untuk digunakan oleh pihak lain dalamjangka waktu tertentu dengan criteria sbagai berikut:
1. Pembayaran sewa dilakukan secara berkala
2. Masa sewa guna usaha ditentukan per golongan
3. Adanya hak opsi
Dari pengertian di atas, dapat diketahui beberapa pihak yang terlibat dalam leasing, yaitu:
1) Lesse, perusahaan pengguna barang
2) Lessor, perusahaan lembaga pembiayaan atau penyandang dana
3) Supplier, perusahaan penyedia barang dan juga perusahaan asuransi.
Ciri-ciri Leasing:
a. Leasing merupakan lembaga pembiayaan
b. Biasanya ada hubungan jangka waktu lease dan masa kegunaan benda yang dilease tersebut
c. Hak milik benda yang dilease ada pada lessor
d. Benda yang menjadi objek leasing adalah benda-benda yang biasa digunakan.
Dalam perjanjian leasing paling tidk memuat:
 Jenis transaksi leasing
 Nama dan alamat masing-masing pihak
 Nama, jens, tipe, dan lokasi penggunaan barang modal
 Harga perolehan, nilai pembiayaan leasing, angsuran pokok pembiayaan, imbalan jasa leasing, nilai sisa, simpanan jaminan dan ketentuan asuransi barang modal yang dilease
 Masa leasing
 Ketentuan mengenai pengakhiran leasing yang dipercepat, penetapan kerugian yang harus ditanggung lease.
Sebagai suatu alternative sumbr pembiayaan modal bagi perusahaan-perusahaan, maka leasing didukung oleh keuntungan-keuntungan sebagai berikut:
i. Fleksibel
ii. Tidak diperlukan jaminan
iii. Capital saving
iv. Cepat dalam pelayanan
v. Pembayaran angsuran lease dierlakukan sebagai biaya operasional
vi. Sebagai pelindung terhadap inflasi
vii. Adanya hak opsi bagi lesse pada akhir masa lease
viii. Adanya kepastian hokum
Klasifikasi Leasing:
1. Capital Lease
Terdiri atas 2 jenis, yaitu:
 Direct Finance Lease
 Sale and Lease Back
2. Operating Lease
3. Sales Type Lease
4. Leverage Lease
5. Cross Border Lease
(Brigita Lahutung, 07301541, Manajemen Keuangan)

PEMBAHASAN

‘LAPORAN SURVEY PERUSAHAAN LEASING/SEWA GUNA’

Kelompok kami yang terdiri dari 6 (enam) orang melakukan survey selama 3 hari berturut-turut dengan mengunjungi beberapa tempat seperti Kota Tomohon, Kota Manado, dan Kota Bitung. Kegiatan survey berlangsung dari tanggal 22-24 Juni 2011.
Berikut adalah daftar perusahaan leasing yang telah kami kunjungi beserta penjelasan singkat tentang perusahaan tersebut:

PT. Bussan Auto Finance
Alamat: Jl. Wolter Monginsidi No. 66A, Bahu, Kec. Malalayang, Manado
Perusahaan khusus melayani kredit untuk jenis dan merek kendaraan bermotor tertentu khususnya Yamaha, melakukan kerjasama dengan beberapa. BAF sendiri melakukan kerjasama dengan beberapa perusahaan asuransi, seperti ACA asuransi dan asuransi Sinarmas.
Prosedur klaim dari perusahaan ini ada dalam lampiran brosur pada akhir laporan kami.

PT. Dharmatama Megah Finance
Alamat: Jl. Sam Ratulangi No. 108, Manado
Perusahaan ini memiliki core binis leasing mobil dan kendaraan roda dua namun untuk cabang Manado hanya melayani kendaraan roda dua.

PT . AIA Financial
Alamat: Jl. Sam ratulangi No.480, Ranotana, Manado,
AIA merupakan salah satu anggota perusahaan dari AIA Group. AIA menawarkan produk dan jasa seperti asuransi jiwa, dana pensiun, asuransi kecelakaan dan kesehatan, serta layanan wealth management.
Walaupun dalam beberapa brosur tertera logo dan atribut dari Bank CIMB Niaga bukan berarti bahwa AIA financial merupakan produk bank melainkan hanya sebagai wujud kejasama antara bank dengan PT. AIA Financial.

PT. Permata Finance
Alamat: Jl. Babe Palar No. 81 Matani III, Tomohon
Menawarkan pembiayaan dengan proses cepat, aman dan mudah. Memberikan reward berupa uang tunai bagi siapapun yang membawa konsumen baru.

PT. Kresna Reksa Finance
Alamat: Kompleks Boulevard Mall Blok A/11, Manado
Perusahaan ini bergerak dalam bidang pembiayaan dalam bentuk tunai.

PT. Mitra Dana Putra Utama Finance
Alamat: Jln raya Tomohon, Talete I, Tomohon.
Memiliki visi dan misi untuk membantu mensejahterakan masyarakat.

PT. Multifinance Sinarmas
Alamat: Jl. Matani III, Tomohon
Perusahaan bergerak dalam jasa usaha pembiayaan sewa guna usaha dengan 4 jenis produk, yaitu:
 Consumer Finance
 Leasing
 Factoring
 Pembiayaan Motor

PT. Adira Quantum Finance
Alamat: Jl. Raya Tomohon No. 40A, Tomohon.
Perusahaan menyediakan fasilitas pembiayaan untuk consumer yang ingin memiliki barang berkualitas dengan harga terjangkau seperti elektonik, computer, furniture, dan telepon genggam. Ragam pilihan tenor mulai dari 6 bulan sampai dengan 36 bulan dan pembiayaan barang mulai dari Rp. 750.000.

PT. Mandala Multifinance
Alamat: Jl. Raya Tomohon, Tomohon
Memiliki visi dan misi untuk memyediakan asilitas pembiayaan dengan cepat dan efektif melalui perbaikan proses kerja, teknologi informasi serta perluasan jaringan. Mengutamakan nilai-nilai:
 Honesty
 Humility/Rendah Hati
 Determination/Tekad

PT. Bima Multi Finance
Alamat: Jl. Raya Manado-Tomohon Lingk. 9. Kakaskasen 2, Tomohon Utara
Perusahaan ini bergerak dalam pembiayaan mobil. Bima Finance Tomohon menawarkan menawarkan souvenir untuk aplikasi yang disetujui, serta pembayaran angsuran tepat waktu.

PT. CIMB Niaga Auto Finance
Alamat: Jl. 17 Agustus, Manado
Merupakan produk dari Bank CIMB dan selalu mendekatkan diri pada customernya dengan melakukan berbagai lomba-lomba.

PT. BFI
Alamat: Jl. Martadinata, Manado
Berdiri sejak tahun 1982 yang berfokus pada industry pembiayaan alat berat dan kendaraan bermotor. Berdiri sebagai perusahaan mandiri dan bukan afiliasi dengan neraca keuangan yang sehat dan permodalan besar.

PT. Austindo Nusantara Jaya Finance
Alamat: Kompleks Mega Bright Boulevard, Manado.
Perusahaan menyediakan produk pembiayaan mobil bekas dengan proses mudah dan cepat.

PT. Federal International Finance (FIF)
Alamat: Jl. Raya Bitung, Kadoodan, Bitung.
Merupakan perusahaan pembiayaan yang khusus melayani kredit untuk sepeda motor Honda.

PT. Finansia Multi Finance
Alamat: Jl. Raya Bitung, Madidir, Bitung
Perusahaan pembiayaan yang menawarkan dana dengan persyaratan mudah, proses cepat dengan angsuran tetap. Kredit plu cabang Bitung menawarkan Take Over tanpa potongan.

PT. Summit Oto Finance
Alamat: Jl. Raya Bitung, Wangurer, Bitung.
Perusahaan pembiayaan roda dua yang merupakan anak perusahaan dari Sumitomo Corporation Japan dan bekerja sama dengan Dealer Yamaha yang ada di Bitung.

PT. Buana Finance
Alamat: Jl. Ahmad Yani No. 10-B, Manado.
PT Buana Finance Tbk. berawal dari pendirian PT BBL Leasing Indonesia pada tanggal 7 Juni 1982 yang merupakan usaha patungan antara Bangkok Bank Ltd. dan PT Dharmala Sakti Sejahtera.Awalnya perusahaan berdiri pada tahun 1989 dengan nama PT BBL Dharmala Finance dengan ekspansi usaha menjadi perusahaan pembiayaan dengan izin operasi di bidang sewa guna usaha, modal ventura, anjak piutang, kartu kredit, dan pembiayaan konsumen. Perseroan berubah nama menjadi PT Buana Finance Tbk., terhitung sejak tanggal 3 Oktober 2005 dan memfokuskan usahanya di bidang sewa guna usaha dan pembiayaan konsumen.

PT. Mandiri Tunas Finance
Alamat: Jl.Pierre Tendean, kawasan Boulevard mega smart blok h no.50 kec. Sario, Manado
Mandiri Tunas Finance merupakan anak perusahaan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk yang berdiri pada tanggal 6 Februari 2009.
PT Mandiri Tunas Finance adalah perusahaan pembiayaan otomotif, Mandiri Tunas Finance didirikan untuk memberikan pembiayaan bagi ruang pamer yang dimiliki Tunas Ridean Group, namun kini operasinya juga meliputi konsumen perorangan dan korporasi yang ingin membeli produk otomotif di luar grup usaha Tunas Ridean. Mandiri Tunas Finance menawarkan paket pembiayaan yang mudah, inovatif dan kompetitif bagi konsumen di seluruh Indonesia. Sampai saat ini Tunas Finance memiliki jaringan 46 kantor cabang dan 5 pos yang tersebar di 24 kota di Indonesia.

PT. BII Finance
Alamat: Jl. Sam ratulangi N0.19, Manado.
BII FC memiliki ijin usaha untuk bergerak dalam bidang anjak piutang, sewa guna usaha, pembiayaan konsumen dan kartu kredit. Pada awalnya perusahaan hanya bergerak dalam bidang anjak piutang ( Factoring) , kemudian pada tahun 1993 perusahaan mulai menjalankan kegiatan sewa guna usaha ( Leasing) dan disusul pada tahun 1996 kegiatan pembiayaan konsumen yang khusus membiayai produk Mobil dan Motor. Dalam bidang anjak piutang, selain menawarkan anjak piutang dalam negeri, BlI FC juga menawankan anjak piutang internasional yang dimungkinkan setelah keikutsertaannya pada Factor Chain International ( FCI) pada tahun 1994.

PT. Clipan Finance
Alamat:Jl.Dotulong Lasut No. 9. Pinaesaan Wenang, Manado
PT Clipan Finance Indonesia Tbk, (“Perseroan” atau “Clipan Finance”) didirikan pada tahun 1982 sebagai perusahaan patungan antar Credit Lyonnais dari Perancis dan PT Panin Bank Tbk (“Panin Bank”). Saat ini Perseroan bergerak dalam bisnis pembiayaan otomotif bagi konsumen dan sewa guna usaha alat berat. Clipan Finance merupakan perusahaan pembiayaan pertama yang mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Paralel pada tahun 1990.

PT. BCA Finance
Alamat: Jl. Sam Ratulangi 17-19, Wenang, Manado.
BCA Finance berdiri pada tahun 1981 dengan nama PT Central Sari Metropolitan Leasing Corporation (CSML). Pada awal berdirinya, pemegang saham Perusahaan adalah PT Bank Central Asia dan Japan Leasing Corporation. Saat itu Perusahaan masih memfokuskan usaha pada pembiayaan komersial, seperti pembiayaan mesin-mesin produksi, alat berat dan transportasi.
(Brigita Lahutung, 07301541, Manajemen Keuangan)

PENUTUP

KESIMPULAN
Pada umumnya perusahaan-perusahaan leasing yang kami survey telah melakukan kerjasama dengan beberapa dealer-dealer yang tersebar, begiu juga dengan toko-toko yang bersifat sebagai supplier. Masing-masing perusahaan memiliki keunggulan masing-masing, olh sebab itu perusahaan berlomba-lomba untuk menarik customer. Mulai dari dengan menyediakan souvenir bagi customer teladan, membeikan pelayanan maksimal di bagian front office hingga pemberian reward berupa uang tunai bagi siapa yang berhasil menari customer.
Dalam leasing, jika dilaksanakan sesuai dengan mekanisme yang berlaku maka system leasing memberikan peluang menarik bagi pengusaha maupun pengguna lainnya.
Hasil survey ini kami dapat dari hasil kerjasama dari setiap anggota kelompok. Kiranya data yang kami peroleh ini dapat berguna bagi para pembaca. Sekian dan terima kasih.
(Brigita Lahutung, 07301541, Manajemen Keuangan)

One thought on “Perusahaan Leasing

  1. I blog often аnԁ ӏ really thaոk you for your infօrmation.
    Ҭhis article ɦas trսly peaked my interest.
    І’m ǥoing to bookmark ƴoսr blog aոd κeep checking fоr neew informatioո about once peг week.
    I subscribed tօ youг Feed tοo.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s