Laporan Studi Lapangan

Laporan KKN Tematik

LAPORAN PELAKSANAAN KKN TEMATIK di SMK NEGERI 1 TAHUNA
Brigita Lahutung

BAB I
PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG
Dasar pelaksanaan Program Penda mpingan SMK

1. Dasar kebijaksanaan:
a. Tri dharma perguruan tinggi.
b. Kurikulum pendidikan LPTK dalam KTSP
c. Program badan Direktorat Pembinaan SMK pusat Yang Bekerja Sama Dengan beberapa UNIVERSITAS di Indonesia Termasuk UNIMA.
d. Peraturan pemerintah No. 05 Tahun 1990
e. Surat edaran DirjenMandikdasmen, Direktur pembinaan SMK No. 3288/C5.2/MN/2009
2. Dasar pemikiran:
a. Program pendampingan SMK merupakan salah satu kegiatan intrakurikuler yang diikuti oleh mahasiswa yang mencakup latihan mengajar serta mengisi kekosongan-kekosongan guru yang ada di sekolah yang masih kekurangan guru, selain itu juga program ini merupakankegiatan pendidikan secara berimbang dan terpadu sebagai syarat untuk mrengembangkan profesi pendidikan.
b. Program pendampingan SMK ini juga merupakan program nasional dalam keseluruhan kurikulum LPTK
c. Program pendampingan SMK juga merupakan muara, dimana semua unsure komponen kurikulum yang terpadu, sehingga menampakan wajah kependidikan.
d. Program bantuan pendampingan SMK dalam pelaksanaannya, mahasiswa memerlukan bimbingan yang mantap, terarah, terpadu, sehingga mampu melaksanakan tugas-tugas kependidikan.
e. Dalam pembangunan nasional, khususnya pendidikan dibutuhkan tenaga-tenaga guru yang profesional, mampu meningkatkan mutu pendidikan, karena itu pengalaman-pengalaman lapangan sebagai salah satu cara dalam pembentukan tenaga guru yang profesional mutlak diperlukan dan dilaksanakan.

B. TUJUAN
Tugas dan jabatan guru pada hakikatnya merupakan keahlian sehingga membutuhkan kemampuan professional yang unik dan spesifik. Kemampuan professional keguruan ini bersifat kompleks, sehingga diperlukan pendidikan yang sistematis dan terarah dalam jangka waktu menguasai dan menghayati kemampuan tersebut, hendaknya sudah terbentuk dan dibina sebelum para guru menghadapi lapangan pekerjaannya secara formal dan nyata, sesuai dengan bidang ilmu yang ditekuninya.
Kemampuan professional keguruan membutuhkan keterangan dalam layanan ahli keguruan yang pada dasarnya mencakup dua isi, yaitu:
1. Kemampuan melaksanakan tugas
2. Mengetahui batas kemampuan serta persiapan untuk menemukan sumber yang dapat membantu mengatasi ketrbatasan dalam melaksanakan tugas.
Program ini bertujuan untuk membantu mengatasi kebutuhan tenaga pengajar khususnya komponen produktif di SMK-SMK yang masih mengalami kekurangan tenaga pengajar produktif. Selain itu juga program pengalaman ini diarahkan untuk mendidik, membimbing dan melatih mahasiswa agar :
a) Memiliki suatu standar kompetensi professional yang dihasilkan oleh suatu Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (LPTK).
b) Memiliki ketrampilan dalam melaksanakan tugas-tugas kependidikan terutama dalam proses belajar mengajar.
c) Memiliki dan menghayati nilai-nilai sebagai seorang guru kea rah terbentuknya kepribadian guru dalam diri mahasiswa.
d) Mampu mengembangkan inovasi dalam pendidikan terutama inovasi belajar mengajar.
e) Mampu menarik pelajaran dari penghayatan dan pengalamannya selama latihan untuk dijadikan bahan refleksi terhadap pembentukan sikap professional sebagai guru.

C. MANFAAT
Manfaat dari Program Pendampingan SMK 2010 bagi SMK yang menjadi tempat pelaksanaan adalah agar SMK tersebut dapat memiliki bantuan tenaga pengajar sesuai dengan program keahlian yang ada di SMK serta program studi dari mahasiswa peserta program ini, terwujudnya silabus Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), tersedianya bahan ajar/diktat produktif di SMK, meningkatkan kegiatan-kegiatan ekstra kurikuler yang ada, dan lain sebagainya.
Sedangkan bagi mahasiswa peserta Program Pendampingan SMK 2010, program ini bermanfaat sebagai :
a) Sarana untuk mendapatkan pengalaman langsung untuk meningkatkan kompetensi keguruan yang dimiliki
b) Wadah untuk melatih diri secara formal dan terprogram untuk menjadi guru yang professional.
c) Sarana mempraktekkan pengetahuan teoritis yang diperoleh dalam kuliah bidang studi maupun kependidikan dan keguruan.
d) Wadah pembinaan dan pembentukan sikap ketrampilan professional guru.
e) Media dan kesempatan untuk mengenal dan mengalami langsung sebagai realita dan permasalahan dalam lapangan pekerjaan sebagai guru.
Program pendampingan SMK ini merupakan muara dari seluruh program pendidikan yang pelaksanaannya dilakukan secara terjadwal setelah mahasiswa mendapat bekal memadai selama paling kurang tujuh semester dalam berbagai pengetahuan dan ketrampilan yang berkaitan dengan tugasnya sebagai guru, mencakup semua mata kuliah pendidikan dan keguruan bidang studi serta latihan yang berkaitan dengan keterampilan mengelola proses belajar mengajar.
Berikut merupakan persyaratan bagi mahasiswa untuk menjadi calon Peserta Program Pendampingan SMK 2010:
 Terdaftar sebagai mahasiswa dari Universitas yang bersangkutan (UNIMA);
 Telah menempuh minimal 110 SKS;
 Telah lulus mata kuliah Pengajaran Mikro atau yang ekuivalen;
 Program studi yang diambil sesuai dengan program keahlian yang ada di SMK;
 Bersedia ditempatkan di SMK yang ditetapkan oleh Direktorat Pembinaan SMK.
Adapun tugas Peserta Program Pendampingan SMK 2010:
• Menyusun dan mengembangkan alat evaluasi
• Penataan sistem administrasi sekolah
• Pembenahan media pembelajaran
• Pembenahan dan penataan perpustakaan
• Penataan lingkungan sekolah yang bersih dan sehat
• Pengembangan kegiatan ekstra kurikuler sekolah
(Brigita Lahutung, 07301541, Manajemen Keuangan)

BAB II
PELAKSANAAN PEMBEKALAN DAN PROGRAM KERJA

A. PELAKSANAAN PEMBEKALAN
Sebelum menjalankan tugasnya di lokasi penempatan, mahasiswa peserta Program Pendampingan SMK/KKN Tematik perlu diberi arahan terlebih dahulu agar dapat menghasilkan hasil kerja yang maksimal. Mahasiswa diarahkan agar dapat menjaga nama baik UNIMA dan menjaga disiplin kerja.
Pembekalan mahasiswa peserta Program Pendampingan SMK 2010 dilaksanakan selama 3 hari berturut-turut yakni pada tanggal 29 April-1 Mei 2010 bertempat di Aula gedumg LPM UNIMA dan berlangsung dari Pkl.09.00 – Pkl.15.00.
Selama 3 hari tersebut, para peserta mendapatkan materi langsung dari para narasumber yang berkompeten di bidangnya yang difasilitasi oleh LPM UNIMA. Selain itu, pihak LPM juga menyusun materi mengajar sesuai dengan program keahlian SMK yang didampingi untuk digunakan mahasiswa dalam pelaksanaan pendampingan SMK dan menyusun buku panduan program pendampingan, yang memuat latar belakang, tujuan program, hasil yang diharapkan, tugas pokok petugas pendampingan dan pelaporan.
Dalam pelaksanaan pembekalan, peserta diarahkan untuk memenuhi beberapa petunjuk/tata cara berikut dalam menjalankan Program Pendampingan SMK sebagai berikut:
• Peserta harus menjalankan kegiatan pendampingan berdasarkan kontrak kerja dengan LPM UNIMA yang sudah ditanda tangani sebelumnya. Dengan isi sebagai berikut:
– Bersedia ditempatkan di setiap lokasi KKN tematik/ pendampingan SMK yang telah ditetapkan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan Nasional 2010
– Bersedia memenuhi segala peraturan-peraturan dari pihak LPM UNIMA serta Kepala SMK tempat pelaksanaan KKN Tematik
– Bertanggung jawab melaksanakan segala tugas yang telah ditetapkan pihak LPM UNIMA, Kepala SMK tempat KKN Tematik/ Pendampingan Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan Nasional sesuai dengan buku panduan.
– Bersedia mengganti semua biaya yang diberikan LPM UNIMA serta tidak lulus KKN dan PPL II apabila tidak melanjutkan tugas pendampingan di SMK tersebut selama 5 bulan
• Menyusun program kerja
• Membuat laporan kegiatan selama berada di lokasi penempatan.
• Mengirim laporan foto digital setiap bulannya atau minimal mengirim laporan melalui pesan singkat (SMS) kepada pihak LPM.
• Menyusun laporan akhir kegiatan Pendampingan SMK dan dimasukkan paling lambat 2 minggu setelah penarikan.
Pelepasan peserta Program Pendampingan SMK UNIMA di lakukan oleh Direktur pembinaan SMK pusat Jakarta (diwakili) dengan Ketua LPM UNIMA mewakili Rektor UNIMA pada 1 Juni 2010 di aula gedung LPM UNIMA.
Penulis bersama 7 orang lainnya ditempatkan di SMK-SMK yang ada di Tahuna, kabupaten Kepulauan Sangihe. Dengan pembagian lokasi sebagai berikut:

No Lokasi Penempatan Nama Mahasiswa Fakultas
1 SMK Negeri 1 Tahuna Brigita Lahutung Fakultas Ekonomi
Kristianto Hengkengbala Fakultas Teknik
2 SMK Negeri 2 Tahuna Karmel Musa Fakultas Teknik
Asna Fakultas Teknik
3 SMK Negeri 3 Tahuna Renaldi Damansar Fakultas Teknik
Rico Adare Fakultas Teknik
4 SMK Negeri Tabukan Utara Ervina Mose Fakultas Ekonomi
Iyut Taliawo Fakultas MIPA

B. PROGRAM KERJA
Kegiatan Pendampingan SMK Tahap I 2010 direncanakan berlangsung selama 5 bulan, yakni bulan Mei hingga bulan September 2010. Program utama dari kegiatan ini adalah melaksanakan pendampingan guru di SMK-SMK yang tersebar di Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah dan Maluku.
Keterangan lebih lanjut mengenai program kerja yang akan dilaksanakan selama masa pendampingkan di SMK N 1 Tahuna akan dijabarkan dalam rancangan kegiatan pada Bab IV.
(Brigita Lahutung, 07301541, Manajemen Keuangan)

BAB III
KONDISI AWAL SMK
1) PROFIL SMK NEGERI 1 TAHUNA

 Tujuan Pendidikan Menengah Kejuruan
Tujuan pendidikan menengah kejuruan adalah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlaq mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut sesuai dengan kejuruannya. (Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan Pasal 26 ayat 3).

A. VISI, MISI, DAN TUJUAN SMK NEGERI 1 TAHUNA

V I S I
Menjadi lembaga diklat yang unggul dan dapat menghasilkan tenaga kerja profesional di bidang bisnis, pariwisata dan Teknologi informasi (TI).

M I S I
1. Melaksanakan pelayanan prima dalam pendidikan dan pelatihan untuk menyiapkan tamatan yang beriman dan bertaqwa, berjiwa wirausaha, dan berdaya guna menjadi calon tenaga kerja yang kompeten dalam bidangnya.
2. Membina dan meningkatkan kerja sama yang berkesinambungan dengan stakeholder SMK terutama Dunia Usaha/Industri atau Asosiasi Profesi.
3. Meningkatkan mutu organisasi dan manajemen berbasis sekolah yang selalu bertumpu pada upaya inovasi dan kreativitas.
4. Menyediakan jasa layanan pendidikan dan pelatihan kejuruan terpadu bagi masyarakat luas.

TUJUAN SMK NEGERI 1 TAHUNA
1. Mewujudkan efisiensi dan efektifitas dalam pengelolaan sekolah dengan melibatkan semua unsur sekolah.
2. Meningkatkan manajemen sekolah dalam mewujudkan peningkatan mutu berbasis industri.
3. Melaksanakan seleksi siswa baru dengan seleksi nilai UAN, STTB serta seleksi minat dan bakat.
4. Menciptakan iklim belajar dan kerja yang kondusif serta kompetitif bagi warga sekolah
5. Adanya musyawarah guru produktif, adaptif dan normatif
6. Melaksanakan program ekstra kurikuler yang terintegrasi dalam competensi produktif, normatif dan adaptif
7. Penyusunan dan mengikutsertakan guru penataran ke PPPG Teknologi dan DU/DI yang berskala nasional
8. Pelaksanaan pesantren kilat, bagi siswa yang beragama Islam dan bible camp bagi siswa yang beragama Kristen Protestan, serta kegiatan ibadah bagi guru dan siswa sebeulan 1 (satu) kali
9. Membentuk tim olahraga dan kesenian serta pelaksanaan program sesuai petunjuk yang disusun dan dapat dilaksanakan secara bersama
10. Adanya group debat siswa dan pidato Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia
11. Pengembangan kurikulum KTSP sesuai tuntutan pasar (Kurikulum bersama DU/DI)
12. Melaksanakan Praktik Kerja Industri didalam negeri yang berskala nasional (50%) dan prakerin diluar negeri
13. Adanya kursus Bahasa Inggris disekolah bagi guru dan siswa
14. Adanya kursus/pelatihan bagi guru, siswa dan stakeholder berbasis teknologi informasi
15. Adanya Pokja Prakerin, Uji Kompetensi dan Kurikulum disekolah dan luar sekolah
16. Adanya website yang dimiliki yaitu http://www.smkn1tahuna.com

B. IDENTITAS SEKOLAH

1. Nama Sekolah : SMK Negeri 1 Tahuna
2. No Statistik / Nis : 34117016001
3. Provinsi : Sulawesi Utara
4. Otonomi Daerah : Kepulauan Sangihe
5. Kecamatan : Tahuna Timur
6. Daerah / Kelurahan : Tona
7. Jalan Dan Nomor : Stadion
8. Kode Post : 95815
9. Telepon : Kode Wilayah : 0432 Nomor : 21061-21934
10. Faximile : Kode Wilayah : 0432 Nomor : 21934
11. Daerah : Perkotaan Pedesaan
12. Status Sekolah : Negeri Swasta
13. Kelompok Sekolah : A B C D
14. Akreditasi : Belum Terakreditasi
15. Surat Keputusan / SK : No : 623/83/KEDJ tanggal 21-9-1965
16. Penerbitan SK / Ditandatangani Oleh :
17. Tahun Berdiri : Tahun 1965
18. Tahun Perubahan :
19. Kegiatan Belajar Mengajar : Pagi Siang Pagi Siang
20. Bangunan Sekolah : Milik Sendiri Bukan Milik Sendiri
21. Lokasi Sekolah :
22. Jarak Pusat Kecamatan : 1 KM
23. Jarak Ke Pusat Otoda : 0.5 KM
24. Terletak Pada Lintasan : Desa Kec. Kab/Kota Prop
25. Jumlah Keanggotaan Rayon : Sekolah
26. Organisai Penyelenggara :Pemerintah Yayasan Organisasi Masy
27. Perjalanan / Perubahan Sekolah :

C. SEJARAH SINGKAT
Lembaga pendidikan SMK N 1 Tahuna berdiri pada tahun 1962 dengan nama SMEA serta berstatus Kelas Jauh Manado di Tahuna. Pejabat sementara pada waktu itu adalah Bapak S. Salindeho (Kepala SMEP) Negeri Tahuna dan dibuka pada bulan Agustus tahun 1962 namun peresmiannya nanti pada tanggal 22 September 1962 yang masih tetap berstatus Kelas Jauh Manado di Tahuna sehingga sejak itulah pada setiap tanggal 22 September ditetapkan sebagai hari ulang tahun SMK N 1 Tahuna.

Pimpinan atau Kepala Sekolah sejak berdirinya sekolah ini adalah :
1. S. Salindeho tahun 1962-1963
2. F. Tandayu tahun 1963-1964
3. E. Silangen, BS tahun 1964-1968
4. Bapak Nusalawo tahun 1968-1972
5. Drs. Y.K. Lukas tahun 1972-1977
6. Drs. A.H. Manossoh tahun 1977-1989
7. Ibu. Rakinaung-Oleng, SmH tahun 1989-1994
8. Drs. Daniel Lomboh (PJS) tahun 1994-1995
9. Drs. Juniver Dalughu tahun 1995-1996
10. Edmond Lukas, S.Pd (PLH) tahun 1996-1999
11. Drs. Hulman Pasaribu tahun 1999 sampai Juli 2007
12. Drs. Julius Toar Kaunang, Agustus 2007 sampai sekarang

SMK N 1 Tahuna merupakan sekolah berbasis Teknologi Informasi dengan Program-Program Kompetensi Keahlian:
1. Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)
2. Program Keahlian Penjualan (Marketing)
3. Program Keahlian Usaha Perjalanan Wisata (UPW)
4. Program Keahlian Administrasi Perkantoran (Sekretaris)
5. Program Keahlian Akuntansi

Sarana dan prasarana yang dimiliki:
1. Memiliki gedung yang memadai, dengan 2 (dua) bangunan yaitu Kampus I dan Kampus II
2. Memiliki 3 (tiga) ruang Laboratorium Komputer full AC
3. Memiliki 1 (satu) ruang Praktik Mengetik
4. Memiliki ruang Travel
5. Memiliki ruang Warung Internet (Warnet)
6. Memiliki fasilitas Photo copy
7. Memiliki Lab yang terhubung dengan Internet
8. Memiliki ruang pengolahan Sirup Pala
9. Memiliki komputer multimedia yang lengkap
10. Memiliki Perpustakaan yang memadai
11. Memiliki lapangan olahraga

Selain itu juga, SMK Negeri 1 Tahuna merupakan satu-satunya SMK di Tahuna yang bergelut dalam jasa Manajemen Bisnis. Hal ini ditandai dengan disediakannya Travel Tiara untuk pemesanan tiket Pesawat Terbang, serta industri Sirup Pala yang dikenal dengan nama SIPARIS (Sirup Pala dan Pariwisata).
 Keadaan Tenaga Pengajar/Guru

No Kelompok Guru Jenjang Pendidikan
S1 D3 SMA Jml
1. Guru Produktif 20 – – 20
2. Guru Adaptif 7 1 – 8
3. Guru Normatif 7 – – 7
4. Guru BP/BK 2 – – 2
5. TATA USAHA 1 – 9 10

 Keadaan siswa menurut Tingkat/Kelas

NO KELAS PROGRAM KEAHLIAN JUMLAH SISWA TOTAL
L P
1 I Program Keahlian Akuntansi 15 62 77
Program Keahlian TKJ 48 36 84
Program Keahlian UPW 17 18 35
Program Keahlian Adm.Perkantoran 28 63 91
Program Keahlian Penjualan 16 9 25
JUMLAH 124 188 312
2 II Program Keahlian Akuntansi 15 47 62
Program Keahlian TKJ 30 32 62
Program Keahlian UPW 5 19 24
Program Keahlian Adm.Perkantoran 5 49 54
Program Keahlian Penjualan 2 13 15
JUMLAH 57 160 217
3 III Program Keahlian Akuntansi 12 58 70
Program Keahlian TKJ 24 25 49
Program Keahlian UPW 6 3 9
Program Keahlian Adm.Perkantoran 4 51 55
Program Keahlian Penjualan – –
JUMLAH 46 137 183

2) KONDISI AWAL SMK

A. Teaching
A.1 Silabus dan RPP
SMK Negeri 1 Tahuna merupakan salah satu sekolah Kejuruan Negeri yang sudah memiliki dan menerapkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2008/2009 secara lengkap dan tidak lagi menggunakan Kurikulum 2004. Standard isi KTSP tersebut digunakan sebagai bahan acuan dalam penyusunan Silabus dan RPP.
Masing-masing guru mata diklat, terutama guru-guru senior dalam hal ini guru-guru Kompetensi Keahlian Akuntansi telah memiliki kemampuan yang cukup untuk menyusun perangkat pembelajaran seperti Silabus dan Rencana Program Pembelajaran (RPP). Dengan bantuan guru-guru senior tersebut, para guru-guru muda juga sudah dapat menyusun Silabus maupun RPP.

A.2 Proses Belajar Mengajar (PBM) dan Evaluasi
Kegiatan belajar mengajar pada Lembaga Pendidikan SMK Negeri 1 Tahuna pada umumnya sudah berlangsung secara baik dan professional namun masih ada beberapa guru yang belum menerapkan proses KBM 2 arah dimana terdapat komunikasi antara guru mata diklat dan siswa yang dapat membangkitkan rasa percaya diri serta kreatifitas siswa. Guru mata diklat masih berperan sebagai pusat dan sumber belajar satu-satunya.
Untuk mengukur dan menilai kompetensi siswa, maka di SMK N 1 Tahuna sudah mulai diterapkan sistem Ujian Blok Penuh bagi mata pelajaran yang telah memenuhi Standar Isi, Standar Proses, dan standar-standar lain sesuai Permen 22 tahun 2006 dan sistem ulangan semester sudah ditiadakan. Juga di terapkan sistem kredit untuk perbaikan nilai bagi siswa yang tidak lulus kompetensi.

A.3 Media Pembelajaran
Penyediaan media dalam proses KBM di SMK N 1 Tahuna sudah cukup memadai dengan ditunjang dengan tim pengajar/guru yang profesional serta dengan dilengkapi sarana serta prasarana yang menunjang, seperti laboratorium komputer Akuntansi. Selain itu, pihak sekolah juga telah memiliki sarana berupa LCD yang dapat digunakan apabila guru mata diklat hendak melakukan KBM melalui Slide Persentasi. Namun media-media ini belum digunakan secara maksimal, pada umumnya hanya digunakan oleh Program Keahlian TKJ. Para siswa juga belum memanfaatkan sepenuhnya fasilitas internet yang telah disediakan sekolah dalam mencari data-data apabila mendapat tugas dari guru-guru mata diklat.

B. Non-Teaching
B.1 Administrasi Sekolah

Keadaan Administrasi sekolah di SMK N 1 Tahuna pada umumnya sudah tertata secara dinamis baik dari segi pegawai/staff tata usaha maupun dalam hal manajemen sekolah. Meskipun sebagian dari pegawai/staff tata usaha masih berstatus sebagai honorer, namun mereka dapat menunjukkan hasil kerja yang maksimal bagi sekolah. Mulai dari pembuatan laporan-laporan bulanan maupun dalam mengurus administrasi siswa.

B.2 Perpustakaan
Perpustakaan SMK N 1 Tahuna terletak di gedung kampus II. Administrasi perpustakaan serta penyediaan buku sudah cukup memadai namun penataan buku sesuai dengan kelompoknya belum tertata dengan baik. Hal ini dikarenakan oleh belum adanya kesadaran dari siswa-siswa untuk menata kembali buku pinjaman. Selain itu, minat membaca di kalangan siswa masih kurang. Siswa hanya melibatkan diri dalam perpustakaan apabila ditugaskan oleh guru.
B.3 Lingkungan Sekolah

Lingkungan sekolah SMK N 1 Tahuna yang terdiri dari 2 bangunan utama yaitu Kampus I dan Kampus II pada dasarnya sudah bersih dan sehat ditambah dengan adanya penyediaan bunga-bunga hias di depan masing-masing kelas. Namun hanya perawatannya saja yang masih perlu ditingkatkan, hal ini dikarenakan pihak sekolah belum memiliki fasilitas tukang kebun, sehingga diperlukan kesadaran dari para siswa, guru-guru dan pegawai/staff tata usaha. Fasilitas WC bagi guru dan siswa juga masih perlu mendapat perhatian dari segi kebersihannya.
B.4 Ekstra Kurikuler

Kegiatan ekstra kurikuler dilakukan melalui pengembangan diri yang dilaksanakan setiap hari Jumat di setiap minggunya. Ada beberapa kelompok pengembangan diri yang terbentuk di SMK N 1 Tahuna, yaitu;

 Bidang Minat Olahraga, seperti: Bola Voli, Bola Kaki, Bulu Tangkis, Bridge.
 Bidang Minat Kerohanian, seperti: Pelayanan Siswa (Untuk Siswa Kristen)
 Bidang Minat Pencinta Alam: Membentuk organisasi SIPALA (Siswa Pencinta Alam)
 Bidang Minat Seni, seperti: Menyanyi
 Pramuka
 PMR (Palang Merah Remaja)
(Brigita Lahutung, 07301541, Manajemen Keuangan)

BAB IV
RANCANGAN DAN JADWAL KEGIATAN

1) RANCANGAN KEGIATAN

Untuk mengefektifkan Program Pendampingan SMK Tahap 1 2010/ KKN Tematik di lokasi di mana penulis ditempatkan yaitu SMK N 1 Tahuna serta dalam rangka menjalankan serta mensukseskan program kerja yang sudah direncanakan sebelumnya, maka berikut adalah rancangan-rancangan kegiatan yang akan dilakukan.

 Rancangan Umum
Dalam pelaksanaan kegiatan bantuan pendampingan ini, ada beberapa pokok-pokok yang akan dilaksanakan dalam lapangan yaitu:
1. Orientasi tentang sekolah
2. Orientasi tentang siswa
3. Partisipasi mengikuti kegiatan sekolah
4. Praktek proses belajar mengajar
SMK N 1 Tahuna merupakan salah satu sekolah unggulan, oleh sebab itu demi menjaga agar jumlah siswa tetap stabil dan bahkan terdapat kecenderungan untuk meningkat, maka perlu diberi dukungan dalam hal pencitraan sekolah untuk menarik calon siswa untuk masuk di SMK Negeri 1 Tahuna.
Memotivasi minat belajar siswa di SMK N 1 Tahuna melalui pendekatan maupun pengarahan internal dan eksternal. Hal ini disebabkan karena ada kecenderungan siswa hadir di sekolah hanya karena sebuah kewajiban dan bukan suatu kebutuhan. Sekolah dipandang sebagai tempat pelarian dari berbagai rutinitas di rumah.

 Rancangan Teaching dan Non-Teaching
A. Teaching

 Silabus dan RPP

Menyusun Silabus dan RPP untuk mata diklat program Keahlian Akuntansi dengan bantuan saran dari guru-guru pamong dan guru-guru senior.
Dengan adanya KTSP Tahun 2008/2009, maka seluruh penyusunan silabus dan RPP serta proses pembelajaran dilaksanakan berdasarkan tuntutan Struktur Kurikulum yang berlaku.
Hasil penyusunan Silabus dan RPP dapat dilihat dalam lampiran-lampiran yang disertakan dalam laporan.

 Proses Belajar Mengajar dan Evaluasi
Hal-hal pokok yang perlu diperhatikan dalam proses belajar mengajar adalah Program semester, Distribusi kompetensi dasar per semester, Pengembangan silabus, Desain pembelajaran, Alat peraga/alat bantu.
Namun ada beberapa faktor-faktor lain yang perlu diperhatikan, yaitu:
 Membuka dan menutup pelajaran
 Pengelolaan kelas
 Penguasaan penyajian materi
 Model desain pembelajaran
Untuk itu perlu membuat pendekatan terhadap siswa dan penguasaan kelas dan disertai dengan penanaman konsep yang mudah dan di gemari oleh siswa agar tercipta komunikasi interaktif antara guru dan siswa.
Selain itu, masalah lain yang ditemui adalah siswa tidak menggunakan masa belajar yang ada untuk belajar efisien dan sistematis. Maka perlu ditemukan cara untuk membangkitkan semangat belajar siswa dengan memberikan perhatian penuh dalam KBM dan menggunakan berbagai variasi serta inovasi dalam mengajar, seperti pengadaan kuis, dsb.
Untuk mengatasi banyaknya siswa yang masih keluar-masuk pada saat jam pelajaran sedang berlangsung, akan diberikan ketegasan/sanksi bagi siswa tersebut.
Untuk evaluasi setiap tercapai satu kompetensi akan tetap digunakan sistem ujian blok dengan memperhatikan kecakapan akademis, berupa hasil tertulis dan penugasan serta kecakapan non-akademis meliputi kecakapan sosial, kerjasama, kemampuan berkomunikasi, dan lain-lain.

 Media Pembelajaran
Dalam proses KBM, akan dilakukan pemanfaatan media serta sarana dan prasarana yang ada. Program Keahlian Akuntansi memiliki laboratorium komputer sendiri yang dapat digunakan untuk praktikum, khususnya untuk praktikum MYOB. Selain itu, terdapat banyak buku-buku yang dapat dijadikan bahan ajar di perpustakaan sekolah dan fasilitas internet yang dapat digunakan untuk pencarian data.

B. Non-Teaching
 Administrasi Sekolah

Turut aktif dalam setiap rapat dan pertemuan seluruh dewan guru dan kepala sekolah dan bersedia mengisi jam-jam lowong di setiap kelas yang gurunya berhalangan hadir. Selain itu, turut berpartisipasi dalam membantu kegiatan penerimaan siswa baru.
Dalam pelaksanaan program bantuan pendamping SMK semua mahasiswa perlu mengetahui tugas-tugas administrasi lainnya seperti administrasi penataan perpustakaan, ketata usahaan dan administrasi lainnya sebagai bekal mahasiswa untuk menjadi pribadi yang terampil dalam penataan administrasi.
 Perpustakaan

Minat membaca kalangan siswa di SMK N 1 Tahuna masih sangat kurang. Semakin banyak yang diketahui, maka semakin banyak pula hal-hal yang belum kita ketahui. Oleh karena itu minat membaca harus dipupuk pada jiwa siswa. Dengan mengarahkan siswa untuk membaca di perpustakaan dan di kelas apabila ada waktu lowong supaya pengetahuan semakin bertambah dan waktu tidak tersisa dengan sia-sia.
 Lingkungan Sekolah

Ikut berperan dalam membersihkan lingkungan sekolah serta membantu meningkatkan kesadaran siswa dalam mewujudkan lingkungan yang bersih, sehat, dan rapi. Contohnya dengan membagi jadwal kebersihan rutin bagi siswa dan membantu mengingatkan kembali untuk menjalankan tugas kebesihan di setiap akhir jam pelajaran sekolah.

 Kegiatan Ekstra Kurikuler

Mengikuti setiap kegiatan ekstra kurikuler yang telah diprogramkan oleh Pembina OSIS dan para siswa. Membantu mengarahkan siswa untuk memilih kegiatan ekstra kurikuler sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki serta mengembangkannya melalui sarana-sarana yang sudah disediakan oleh pihak sekolah.
Mendampingi siswa dalam setiap kegiatan ekstra kurikuler dalam rangka memberikan dukungan dan motivasi. Mengikuti, turut berpartisipasi serta mendukung setiap program yang disusun pihak sekolah maupun oleh Dinas Pendidikan dan Olahraga.

2) JADWAL PELAKSANAAN KEGIATAN SELAMA DI SMK N 1 TAHUNA
Dalam pelaksanaan kegiatan Program Pendampingan SMK 2010 di SMK N 1 Tahuna khususnya pada program keahlian Akuntansi yang telah berlangsung selama kurang lebih 5 bulan ini, penulis telah menjalankan tugas mengajar serta telah mengikuti beberapa kegiatan program sekolah dan kegiatan ekstra kurikuler lainnya. Berikut jadwal kegiatan yang telah dilakukan, yang disajikan dalam bentuk kegiatan setiap bulannya dari bulan Mei hingga September.

Mei 2010
Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat
29 Apr
Pelaksanaan Pembekalan di LPM 30 Apr
Pelaksanaan Pembekalan di LPM 1
Pembekalan akhir dan Pelepasan peserta KKN

2 3 4
Menuju Tahuna 5
Tiba di Tahuna&
Melapor di DIKPORA 6
Melapor di SMK N 1 Tahuna 7
Melakukan observasi di SMK N 1 Tahuna
8

9 10 11
Mendampingi siswa mengikuti Penyuluhan Narkoba di pendopo DIKPORA 12 13 14 15

16 17 18 19 20
Mengikuti upacara dlm rangka Hari Kebangkitan Nasional 21 22

23 24 25 26 27 28 29

30 31

Juni 2010
Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat
1 2 3 4 5

6 7 8 9 10 11 12

13 14 15 16 17 18 19

20 21 22 23 24 25 26
Membantu dlm kegiatan Penerimaan Siswa baru

27 28 29 30

Cat:
Dalam kegiatan penerimaan siswa baru, penulis dimasukkan dalam Seksi Umum dalam susunan kepanitiaan.

Juli 2010
Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat
1 2 3
Batas akhir Penerimaan Siswa Baru

4 5
Membantu dlm verifikasi berkas calon siswa 6 7 8 9 10
Pengunguman hasil seleksi serta Pendaftaran kembali

11 12 13
Masa Orientasi Siswa baru Tahun Ajaran 2010/2011 14 15
Penutupan MOS 2010/2011 16 17
Mendampingi Band siswa SMK N 1 tampil di SMK N 3 Tahuna
18 19 20 21 22 23 24

25 26 27 28 29 30 31

Cat:
Sebagai Seksi Umum dalam Panitia MOS tahun ajaran 2010/2011, penulis membantu dalan pendataan siswa serta menyeleksi kembali berkas-berkas calon siswa baru di SMK N 1 Tahuna.
Band siswa SMK N 1 Tahuna meraih peringkat III nasional dalam lomba band nasional tingkat SMA/SMK. Dengan prestasi ini, band siswa tersebut diundang oleh pihak SMK N 3 Tahuna sebagai pengisi acara dalam acara penutupan MOS.

Agustus 2010
Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat
1 2 3 4 5 6 7

8 9 10 11 12 13
Mengikuti jalan sehat bersama dlm rangka HUT Proklamasi 14

15 16 17 18 19 20 21

22 23
Penataan Perpustakaan Sekolah 24
Mendampingi siswa mengikuti lomba bintang vokalia dlm rangka HUT Proklamasi 25
Mendampingi siswa mengikuti lomba Koor dlm rangka HUT Proklamasi 26 27 28

29 30 31

Cat :
Lomba Bintang Vokalia dan Paduan Suara dilaksanakan di pendopo Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga kabupaten Kepulauan Sangihe. Smk N 1 Tahuna meraih peringkat 1 dalam lomba bintang vokalia serta mendapat peringkat II (grup A) dan III (grup B) dalam lomba paduan suara.

September 2010
Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat
1
Pengumpulan data-data dalam rangka penyusunan laporan akhir 2 3 4

5 6 7 8 9 10 11

12 13 14 15 16 17 18

19 20 21 22 23 24 25

26 27 28 29 30

Setiap harinya penulis melaksanakan tugas pendampingan pada Program Keahlian Akuntansi namun penulis juga membantu mengisi jam-jam lowong untuk mata diklat lainnya di setiap kelas apabila guru mata diklat yang bersangkutan berhalangan hadir. Tugas mengajar dilakukan setiap harinya dari Pukul 07.00 hingga Pukul 14.00, hari Jumat tidak ada Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dan hanya diisi oleh kegiatan Ekstra Kurikuler sesuai yang diikuti oleh masing-masing siswa. Setiap awal minggu, tepatnya hari Senin dilaksanakan rapat/pertemuan rutin guru dan staff tata usaha setelah upacara dan ibadah.
Silabus dan RPP telah disusun sebelumnya sebelum penulis melaksanakan kegiatan mengajar. Silabus dan RPP yang telah disusun akan dilampirkan dalam halaman lampiran.
Penataan perpustakaan sekolah dilakukan dengan bantuan dan arahan dari petugas perpustakaan, Bpk. J.Manoppo, baik dalam hal penataan kembali buku-buku maupun penataan ruangan perpustakaan. Keadaan perpustakaan akan dilampirkan dalam lampiran foto-foto digital.
Untuk penataan lingkungan sekolah dilakukan rutin setiap harinya dengan bantuan siswa-siswa serta guru-guru.
Kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler diikuti di bawah arahan dari ibu Netty Kakauhe selaku Pembina OSIS dan Bpk. S.P.Lalesah, S.Pd selaku WAKASEK Kesiswaan.
Penyusunan laporan akhir untuk Program Pendampingan SMK di SMK N 1 Tahuna ini disusun pada bulan September, di mulai dari pengumpulan data-data hingga finalisasi laporan.
(Brigita Lahutung, 07301541, Manajemen Keuangan)

BAB V
PENUTUP

A. KESIMPULAN
Banyak hal yang diperoleh oleh penulis selama menjalankan kegiatan Program Pendampingan SMK/KKN Tematik di SMK N 1 Tahuna selama kurang lebih 5 bulan ini. Diawali dengan sambutan yang ramah dari pimpinan sekolah serta guru-guru dan siswa-siswa pada saat awal kedatangan hingga sikap kooperatif dari mereka selama penulis menjalankan tugas pendampingan.
Banyak kegunaan yang didapat dari pelaksanaan program ini, Program bantuan pendamping SMK membuat mahasiswa memperoleh pengalaman kerja sebagai seorang guru dan melatih semua teori yang telah diterima semasa belajar di kampus dan juga membantu untuk mengurangi setiap kekurangan tenaga pengajar atau kekosongan yang terjadi kelas. Membentuk semangat yang tinggi, keberanian, keyakinan, dan mental yang sehat baik dalam mendidik dan membimbing siswa kearah manusia yang sempurna. Juga membantu terbentuknya disiplin yang tinggi dan kpribadian yang baik dan akhlak yang mulia sebagai calon guru yang berpotensi tinggi dan siap pakai untuk bekerja pada masa depan setelah menyelesaikan studi.

B. SARAN
Dalam kegiatan belajar mengajar, SMK Negeri 1 Tahuna masih mengalami kekurangan tenaga pengajar hingga mengakibatkan sering ada kelas lowong setiap harinya. Untuk itu, sebaiknya pihak sekolah mencari jalan keluar untuk mengatasi masalah ini. Sebagai jalur alternatif, pihak sekolah dapat meningkatkan minat baca siswa dan pengefektifan penggunaan fasilitas internet sekolah agar kelak apabila ada jam lowong siswa lebih memilih ke perpustakaan daripada berkeliaran di luar ataupun pergi ke kantin. Selain itu untuk membentuk pribadi guru yang produktif dan profesional, para guru dapat dilibatkan dalam setiap diklat-diklat yang diselenggarakan.
Dan sebagai saran untuk pihak pelaksana Program Pendampingan SMK, sebaiknya kegiatan program bantuan pendamping SMK perlu dilanjutkan guna mengurangi setiap kekurangan tenaga pengajar dan mengurangi setiap kekosongan tenaga pengajar yang terjadi di kelas, serta menghadirkan guru yang berkualitas yang siap pakai untuk dunia kerja.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s