Asian Agri (Introduction)

Asian Agri
Ada yang tau Asian Agri? Kalo teman2 yang di Sumatra pasti banyak yang tau, saya aja baru ‘kenalan’ dengan perusahaan ini tanggal 27 September lalu..

Melalui tulisan ini, saya cuma mau share beberapa kisah antara saya dan Asian Agri

2012, Sept 26th

Pkl.10.00 WITA>>  Hari ini JobStreet.com mengadakan Job fair di M-Icon Convention Hall Manado. Tertarik pas liat publikasi profil perusahaan di banner yang terpampang di booth Asian Agri (jujur saja, tertarik karna penasaran sama sawit :D), tanya-tanya sedikit info mengenai vacancy yang ada pada staff perusahaan yang jaga booth trus coba-coba masukin berkas lamaran bareng teman-teman yang lain. Kata yang jaga, berkas lamaran dimasukin aja dulu, ntar kalo ada yang lolos CV view akan dikabari lewat SMS atau email.

Pkl. 19.00 WITA>> SMS pemberitahuan dari pihak AA berupa undangan acara presentasi dan psychotest jam 8 pagi tanggal 27 september di VIP room M-Icon, ttd Himawan. Ohh, ternyata yang di booth itu namanya pak Himawan, staff HR. Presentasi? presentasi apa?? Wait until tomorrow….

Thursday, Sept 27th

Pkl.09.10 WITA>> Terlambat! Maklumlah, perjalanan Bitung-Manado kan lumayan juga, kalo ga ada truk2 kontainer yang bikin macet plus lambatnya arus lalu lintas perjalanan, pasti bisa on-time. Pintu ruangan lokasi tes masih dibuka, sejauh mata memandang ada staff nya di depan pintu, nampaknya acara sudah lama dimulai, sempat ragu juga buat masuk. Untung dapat signal dari staff katanya masih bisa masuk, pas di pintu, pihak management sementara presentasi. Dengan modal nekat seadanya, langsung cari tempat duduk yang strategis, pas duduk ternyata presentasinya stop for a while n jadilah pemeran utama nya, :D. Masih sempat juga digodain sama bapak yang presentasi, sudahlaah pasang senyum termanis n pura-pura ga terjadi apa-apa. Anak manis disayang semua orang, hehehehe.

Presentasi mengenai AA baru di tahap awal, berarti yang terlewatkan mungkin sesi perkenalan dari 2 staff AA yang ada, syukurlaaah. Ternyata yang presentasi itu Manager HR trus staff itu HR officer nya. Naah, dari presentasi perusahaan, ada beberapa hal yang bisa saya sampaikan mengenai AA beserta seluruh penawarannya, siapa tau teman2 berminat join dengan AA, ^_^

ASIAN AGRI merupakan  salah satu anak bisnis dari Royal Golden Eagle Group (buat info grup ini, cek di RGEI milik Sukanto Tanoto, orang terkaya Indonesia yang menduduki peringkat 5 dalam daftar majalah Forbes! Perusahaan ini bergerak dalam bidang plantation kelapa sawit (CPO) yang berbasis di Medan, Riau dan Jambi, kalo di Kalimantan namanya Agrindo, ada juga yang di luar negri tapi lupa namanya apa.

Vacancy yang di tawarkan yaitu Graduate Trainee. Pertama, ada Estate Assistant Training (EAT) yang khusus untuk sarjana pertanian. Setelah training, lulusan akan menjadi kepala asisten afdeling yang tugasnya mengelola perkebunan kelapa sawit yang luasnya sekitar 6x lapangan bola (1000 ha), tiap orang itu lho! bayangin aja tugasnya gimana nanti. Asst. Afdeling ini punya seragam khusus, kayak seragam kompeni Belanda jaman dulu, pake celana pendek buat yang cowo! katanya ini tradisi karena yang memperkenalkan sawit adalah orang Belanda. Posisi ini mungkin mirip-mirip sama mandor tapi lebih elite dikit. Kedua, program AAT (Administration Assistant Training) khusus untuk sarjana ekonomi. Lulusan akan ditempatkan di kantor kebun/pabrik sebagai Kepala Tata Usaha (KTU) tuk urusan yang bersifat administrasi dan pembendaharaan serta manajerial. Kurang dapat info sih soal posisi AAT nantinya soalnya paling banyak presentasi untuk lulusan program EAT. Program EAT akan langsung dimulai bulan November 2012 sedangkan AAT pada April 2013 (lamanyooo..)

Peserta yang lulus seleksi akan mengikuti training selama 6 bulan di Asian Agri April Learning Institute (AAALI) yang berlokasi di Pangkalan Kerinci, Riau. Enam bulan tanpa HP atau alat komunikasi lainnya yang dianggap akan mengganggu konsentrasi nantinya plus training dengan sistem militer di bawah arahan langsung  prajurit TNI selama 2 minggu full (sesuai dengan yang dipresentasikan). That’s unbelievable!! Katanya ini sistem terbaru, ada bukti videonya juga lho, beneran seperti wajib militer! 6 bulan tersebut diisi oleh 3 bulan berupa pengajaran dalam kelas dan 3 bulan berikut praktek lapangan. Lulusan AAALI diakui oleh perusahaan-perusahaan plantation lainnya bahkan oleh kompetitor.

Soal fasilitas dan salary, lumayan kok tawarannya. Sementara training, peserta akan tinggal di training centre kemudian jika resmi diangkat menjadi staff, perusahaan memfasilitasi dengan rumah tinggal beserta perabot plus pembantu dan juga kendaraan berupa sepeda motor. Soal rumah tinggal, bagi yang single, serumah itu bisa 3 org, tapi kalo sudah berkeluarga rumah tersebut hanya ditinggali oleh anggota keluarga. Kendaraan yang didapat sesuai jabatannya, kalo sudah manager bisa dapat kendaraan sekelas mobil Pa**ro Sport and F**d Ranger!(Lumayanlah, mana mungkin kan di kebun di kasih Alphard atau Limo)

Bicara soal finansial, selama masa training 6 bulan, AA akan memberikan uang saku sebesar IDR ****K/bulan, setelah training yaitu pada saat kita telah menjadi staff tetap, salary awal yang ditawarkan mencapai total IDR ****K/bulan (lumayanlah bisa buat beli donat, tapi berapa truk ya??) dipotong PPh pastinya. Itu di luar benefit lho, benefit yang didapat per tahun sesuai dengan kinerja kita, ada yang bisa mencapai puluhan juta per tahun, jadi bekerjalah sebaik mungkin. Tunjangan kesehatan juga disediakan sehingga biaya ke dokter itu gratis. Setahun diberi 25 hari kerja untuk cuti, biaya tiket ditanggung perusahaan (sesuai POH) plus uang saku sesuai nominal salary yang didapat per bulan.

Jenjang karirnya kalo ga salah skemanya Asisten III->Ass II->Ass I->Ass. Head->Manager->General Manager. Pada saat kita diangkat menjadi staff nanti, otomatis kita berada di posisi Assistant III. Kenaikan jabatan sesuai dengan kinerja, ada yang naik per 1 tingkatan hanya dalam 2-4 tahun, ada pula yang sudah belasan tahun tapi ga naik2 karena kinerjanya buruk.

Pak manager (sampai sekarang ga tau namanya siapa) yang sudah 12 tahun memegang posisi manager itu (padahal masih keliatan muda lho!) memberikan instruksi untuk isirahat sebentar sebelum mulai tes, bagi yang berminat bergabung di AA silahkan lanjut tes dan bagi yang berubah pikiran diperkenankan juga jika tidak ingin lanjut tes.

Pkl.11.30 WITA>> Karena dari awal emang sudah niat buat coba-coba (tapi ga terlalu ngebet sih), jadi berkomitmen untuk tetap lanjut tes, apapun hasilnya lolos atau ga. Psikotes dimulai, staff yang memberikan arahan untuk semua rangkaian tes. Tesnya sama seperti tes psikologi pada umumnya kok, yang pasti ada tes yang membosankan itu dong.

Pkl 14.00 WITA>> Selesai tes, katanya hasil tes akan diumumkan pada jam 14.30 nanti lewat SMS maupun panggilan langsung lewat pengeras suara pihak panitia job fair, peserta yang lolos akan langsung mengikuti interview dengan user. Sudah lewat waktu tapi belum juga ada pengunguman resmi dari AA. Akhirnya jam 3 sore nama-nama peserta yang lulus psikotes diumumkan oleh pihak job fair. Excited juga pas dengar nama masuk dalam daftar 12 peserta yang lulus. Dari 12 orang tersebut hanya 2 yang cewe lho, sisanya cowo semua.

Lanjut interview user, untungnya yang interview pak manager yang presentasi tadi, orangnya baik kok. Sementara nunggu kesempatan buat interview, pak manager menyodorkan sebuah case yang bakal ditanya solusinya saat interview. Tiba giliran buat interview, perasaan udah ga bisa dideskripsikan lagi. Awalnya pak Manager cuma nanya seputar profil pribadi dan keluarga, kemudian solusi untuk case yang sudah dibaca tadi, biasalah seperti pertanyaan wawancara pada umumnya. Nah kemudian pak manager langsung nanya ‘siap ga buat ikut pelatihan militer seperti yang sudah ditonton lewat rekaman tadi?’ Sempat terdiam sesaat buat mikir, trainingnya lumayan keras juga, tapi yakin aja! Sebagai jawaban, cuma nanya ‘siap kok, kan cuma 2 minggu. Kalo peraturan lainnya gimana pak? seperti penampilan fisik misalnya? yang latih langsung dari militer ya?’ trus dijawab ‘Ohh, ga masalah, cuma cowo kok yang mesti plontos, cewe ga harus potong rambut. Yang latih memang tentara, tapi tenang aja, ga akan ada tindakan-tindakan di luar batas atau semacamnya’. Wah, jawaban yang memuaskan, pak Manager kayaknya paham apa yang menjadi pokok pertanyaan sebenarnya. Kemudian ditanya untuk pemilihan penempatan setelah training, lebih milih di Kalimantan (Agrindo) sih biar lebih dekat kalo pulang nanti, tapi pak manager menawarkan untuk di Sumatera aja (Asian Agri), alasannya sih karena faktor keamanan, di Kalimantan katanya masih berupa lahan baru jadi perusahaan hanya berusaha menghindari kemungkinan yang bisa terjadi buat staff cewe.. Dengan terpaksa, setuju aja untuk penempatan di daerah Sumatera, padahal jauh dari kota asal tuh, kalo pulkam pasti lama nyampenya (Sama aja sih sebenarnya, kan naik pesawat bukan jalan kaki). Wawancara berakhir, tinggal tunggu hasilnya, tes terakhir untuk peserta yang lolos tinggal Medical Check-up, tapi kata pak manager tes MCU akan dilaksanakan 1 bulan sebelum keberangkatan biar hasilnya paling aktual.

Fri, Sept 28th

Pkl. 20.00 WITA>> Belum juga dapat SMS kabar hasil interview, jangan2 ga lolos tes interview. Saking galaunya, memberanikan diri texting staff soal hasil tes. Lama juga dapet balasan,  jam 10 malam SMS hasil baru masuk. Dan LULUS program AAT XIII 2013!!! Tinggal melewati MCU, kemungkinan bulan Maret 2013 nanti… Doakan ya teman-teman

Advertisements

19 Comments

  1. Hy.. Lita salam kenal
    aq azhi dari palembang,aq baru lulus tes asian agri..mlah aq dah lulus juga MCU
    padahal kan pelatihannya masih bulan 4 nanti..
    ko km belum yahh..
    trus aq sekarang disruh buat npwp dan buka rekening dibang panin
    menurut km gmna nihh..
    apa pelatihan akan dipercepat yahh…
    kalw ga keberatan invite aq yahh kalaw da bb 30977592
    ataw balas ke email aq aja azhihumoriz@ymail.com

    makasih salam kenal

  2. selamat datang di topaz, utk ibu gita lahutung.
    Selamat menjalankan tugas.
    Semoga sukses & dilancarkan atas segala tugas.

  3. Min, perkenalkan nama saya Asian. Saya adalah seorang mahasiswa di sebuah Politeknik swata yang ada di Banjarmasin program studi Budidaya Tanaman Perkebunan. Saya mau nanya, kalo mau magang di Asian agri bagaimana caranya? Apakah di sana akan dijamin penginapan dan biaya hidup selama magang di sana? selain itu apakah saya bisa minta data gambaran umum mengenai Perusahaan Asian Agri? (sejarah, struktur organisasi dan personalia)

  4. kak… mohon bantuannya untuk loker asian agrii traction asisten train kpan yah ada lagi ? bulan brp biasa dalam1tahun pangggilan.. sy d3 mechanical enginner medan kak.. bulan 11 tahun 2014 dwisuda… kpengen banget kerja di asian agri krn smpat plant visit ke pmksgunung melayu

  5. Pagi mbak Brigita…
    Saya mau tanya sedikit ni, saya baru mengikuti tes Asian Agri, sudah sampai tahap interview HRD, dan berikutnya interview user. Yg mau saya tanyakan interview user itu sepert apa ya mbak ?
    Thanks…

  6. Selamat Pagi Ibu Gita,
    Maaf saya mengganggu sedikit waktu Ibu,
    saya mau bertanya Bu, apakah jurusan Teknik Informatika/Ilmu Komputer bisa mengikut seleksi di Asian Agri?
    Terimakasih Ibu Gita

    1. Selama masa training masih ada sistem gugur, sesuai hasil penilaian untuk kriteria2 yg sudah ditetapkan oleh tim training center ya.. Materinya sesuai dengan GT yg kalian pilih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s