Activities Post (Diary)

Asian Agri (Training OJT)

Lanjut yaa…
Ikutan training itu seru lho, selain nambah teman suka duka, nambah juga teman-teman yang bisa diajak gila-gilaan bareng! hahaha. Sering homesick sih sebenarnya tapi untung dapat teman-teman seperti mereka yang selalu saling menghibur dan menguatkan. Pernah sekali nangis semalaman minta pulang gara-gara demam kena alergi, bukannya sok manja, tapi berasa gak nyaman, biasanya kalo sakit slalu ada yang perhatiin, sibuk cari obat, bahkan didoakan. Tapi sekarang semua serba sendiri, terlalu cepat masih butuh penyesuaian. Untunglah ada teman-teman sekamar yang always be there! Di TC, berat badan naik drastis, baju-baju kesayangan gak ada lagi yang muat, agak sedikit melenceng dari kategori tubuh proporsional, :))

Antara bulan ke 2 atau 3 training, ada juga praktek turun lapangan selama seminggu untuk mempelajari proses penanaman kelapa sawit, mulai dari pembukaan lahan hingga penanamannya yang disebut Land Clearing (LC). Layaknya Camping, Tinggal di lahan terbuka selama seminggu. Panasnya yang paling gak tahan, sia-sia sudah perawatan yang dilakukan bertahun-tahun, bahkan rambut pun kena efeknya, jadi kaya’ di highlight karena kena panas matahari seminggu. Jangan harap ada yang higienis selama LC, bisa mandi itupun luar biasa! Makanan dimasak oleh 1 grup untuk 60 orang, sebenarnya gak pintar masak, pura-pura ngerti aja padahal kerjaan pas piket masak cuma bantu-bantu motong sayur sama goreng kerupuk! hehe. Tapi pastinya seru, gak bakalan nyesel, yang disesalkan cuma perubahan warna kulit aja.

3 bulan telah lewat… waktunya On The Job Training, program turun langsung ke lapangan selama 3 bulan dan hasilnya akan kita presentasikan di final Assesement nanti. Ada yang bakal OJT ke Kalimantan dan Papua. Awalnya senang karena gak bakalan bangun kepagian lagi, tapi jadi sedih karena yang penempatan OJT di Kalimantan dan Papua gak bakalan balik lagi ke TC buat presentasi, dan itu berarti kita gak bakal ketemu lagi. Chemistry yang terjalin selama 3 bulan agak susah jika harus dipisahkan, tapi karena itulah ketentuannya jadi harus diterima. OJT dimulai 12 April, pengunguman penempatan 11 April, yang penempatan OJT Sumatera harus sudah berangkat tanggal 11 itu juga. Benar-benar gak ada acara perpisahan, karena saya penempatan Sumatra jadi gak sempat lagi salam perpisahan dengan teman-teman yang ke Kalimantan dan Papua, include Niez, Mei dan Alan, teman seperjuanganku dari Manado.

On The Job Training…
Benar-benar sepi, selalu merindukan masa-masa di Training Center. Karena sepi inilah tiap hari penyakit homesicknya makin menjadi, tiap malam pasti nangis pengen pulang Manado. Tapi untungnya di kebun Pangkatan, tempat saya OJT, staf nya supel semua, ada Pak manager Jhon Siahaan, ibu KTU Imelda Tarigan, Ibu Fibriana Ginting, Pak Alekson Sirait, Pak Frianto Silalahi, Pak Jufry Togatorop, pak Sukiratno, pak Hendrik Wardhana, dan Pak Eka laidy. Mereka banyak membantu, apalagi pelajaran untuk ‘areal statement’, gara-gara mereka saya bisa jalan-jalan ke Medan😉.

Pangkatan-20130524-00380
On ‘Solar Tank Kebun Pangkatan’

Kalo Sesuai jadwal, tgl 29 Juni baru trainee yang OJT ditarik lagi ke TC. Tapi mendadak dipindahkan OJT ke Pabrik Topaz pada tanggal 19 Juni, padahal tinggal seminggu lagi tgl 29. Lagi-lagi kejadian pas awal OJT terulang, gak bisa mengucapkan salam perpisahan kepada orang-orang yang sudah bisa dianggap sebagai keluarga. Selalu saja gak ada kesempatan berbagi..

Seminggu di Pabrik Topaz, untung ada rizqi dan teman-teman lain yang OJT di Topaz. Berbagi pengalaman selama OJT, log book laporan kegiatan keseharian OJT sama-sama gak update, laporan presentasi dan makalah apalagi!
Tgl 29 pun tiba, akhirnya bisa balik ke TC, ketemu sama kawan-kawan lama tersayang.. Welcome back!

 

To be Continued..

2 thoughts on “Asian Agri (Training OJT)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s