Activities Post (Diary) · Training at Asian Agri Learning Institute

Asian Agri (Final Assesement)

The Farewell..

Saturday, June 29th 2013
Back to training Training Center AAALI…
Lingkungan, rutinitas, dan penghuni yang sama, Nothing’s change!
Rombongan kami yang pertama tiba di TC, yang lain menyusul keesokan harinya.

Monday, July 1st 2013
Personil telah lengkap, akhirnya bisa rame-rame lagi bareng mereka semua ^_^. Tapi tetap aja berasa kurang, awalnya 60 orang kumpul-kumpul secara intens tiap harinya, tapi sekarang hanya tinggal separuhnya yang ujian akhir di TC, intensitas pertemuan pun makin jarang. Semua sibuk ngurusin laporan dan presentasi masing-masing, yaa ketemunya cuma pas jam makan aja! Ga ada lagi waktu buat foto-foto apalagi ngerumpi bareng seperti dulu..
Kangen sama team AAT yang selalu seru kalau lagi ada kelas.
Pernah dulu waktu ada kelas perkenalan tentang buah kelapa sawit dan proses pengolahannya, bapak trainer nya menjelaskan kalau setiap butir berondolan (kalo ada yang belum kenal istilah ini, googling aja ya) dari buah sawit itu sangat berharga karena merupakan sumber minyak sawit. Kemudian trainer nanya ‘Apa menurut anda penyebab losses berondolan? Masing-masing harus berikan pendapat, tidak boleh ada yang sama.’
Seluruh isi kelas yang notabene merupakan alumnus-alumnus dari Fakultas Ekonomi, salah satu tempat dimana para mahasiswanya sering di cap ‘jual tampang doang’ di kampus, agak berpikir keras mencari jawaban masing-masing. Cukup membingungkan, apalagi untuk kami yang berasal dari luar pulau Sumatra, jelas-jelas masih belum kenal sawit.
Pada saat ditanya trainer, munculah jawaban-jawaban seadanya dari kami, ada yang bilang ‘ karna berondolan nya dicuri monyet liar’, ‘berondolan kena petir’, ‘ berondolan nya disembunyikan burung dalam sarang nya’, ‘berondolan terbawa angin’ dan masih banyak lagi jawaban ‘ironis’ dari teman-teman AAT. Trainer nya gak bisa lagi nahan tawa, semua jawaban di tolak mentah-mentah. Namun ada juga beberapa jawaban ‘gila’ yang lolos setelah didukung oleh penjelasan ilmiah beserta hipotesa dan asumsi analitis dari para trainee yang entah darimana didapat mereka.😀
Sempat ragu juga, bisa gak ya orang-orang kaya’ gini berkarir si dunia perkebunan,hehee

Presentasi final dilaksanakan di ruangan yang berbeda per masing-masing program EAT, TAT dan AAT dengan Panelis yang berbeda juga.  Namun dengan hari yang berbeda, dan dimana kami harus merelakan teman-teman kami dari EAT untuk maju presentasi terlebih dahulu.

Penilaian final pun akhirnya tiba untuk Program AAT dengan panelis-panelis yang luar biasa Pak Delta Sembiring (System Manager), Pak Rudi Rismanto (Financial Controller Region Plt 2) dan Pak Hendra Kusuma (Manager HRD Region Plt 2). Dengan panelis yang luar biasa, makin ‘luar biasa’ juga detak jantung menunggu giliran untuk presentasi laporan akhir.

Presentasi dilakukan perorangan dengan sistem cabut undi. Cabut undi sih istilahnya aja, tetap harus ada volunteer untuk presentator perdana. Dan Terima Kasih untuk kesediaan teman-teman tim AAT yang selalu menjunjung tinggi “LADIES FIRST” dalam setiap kesempatan, namun kali ini kebanggaan tsb benar-benar tidak saya butuhkan teman-teman sekalian. Mau tidak mau saya akhirnya yang menjadi presentator pertama. Praise GOD, presentasi berjalan lancar, walaupun di tengah-tengah presentasi sempat ada insiden ‘hampir terpeleset’ saking grogi nya yang ternyata tertangkap mata oleh panelis-panelis, syukurlah tidak ditertawakan.🙂

Next day, semua harap-harap cemas menanti final decision dari pihak Training Center untuk kelulusan para trainee. Walaupun dalam keadaan demikian, kami masih sempat lho jalan-jalan keliling Kota Pekanbaru, seru!

Hari dimana pengunguman kelulusan pun tiba, kami lulus! (Mohon maaf, gambarnya agak kabur karena gambar asli tak terdeteksi lagi keberadaaannya)

Tidak ada hasil yang mengkhianati usaha. Terbayar sudah apa yang sudah kami perjuangkan dan kami tekadkan selama +/- 6 bulan menjalani pendidikan di Training Center. Terima kasih teman-teman semua untuk kebersamaan yang sudah terjalin selama kita di TC, dan terima kasih untuk semua perlakuan dan pengertian kalian untuk kami para trainee wanita dengan segala kelemahan kami. Will miss you all… Keep chasing our dream!!

DSC00963_副本DSC00112

Dan akhirnya, terima kasih banyak untuk Asian Agri atas kesempatan yang sudah diberikan untuk kami semua. Kami akan bekerja semaksimal mungkin dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab dengan jiwa PLANTER yang sudah ditanamkan sejak awal di Training Center, demi kemajuan perusahaan tercinta.

Setelah semua yang sudah dilewati selama beberapa bulan ini, banyak pelajaran hidup yang dapat dipetik. ternyata banyak hal-hal yang belum kita pahami sebelum kita menjalaninya sendiri. Pengalaman pertama jauh dari orang tua dan keluarga membuat kita semakin paham bagaimana perjuangan hidup itu untuk mencapai kesuksesan. Kesempatan ini merupakan kesempatan langka untuk menjalani pengalaman hidup, dan kita harus berani mempertanggungjawabkan pilihan karir kita terhadap orang tua (kurang lebih sama seperti untuk pilihan jodoh juga sih,hehee), berhasil atau tidaknya itu tergantung tekad masing-masing. Apa yang sudah Tuhan percayakan kepada kita, JANGAN DISIA-SIAKAN!

Salam Sukses untuk kita semua!

 

2 thoughts on “Asian Agri (Final Assesement)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s